Sabtu, 09 Oktober 2010

MENULIS ANUGERA TUHAN YANG HARUS DIKEMBANGKAN

OLEH: ADE SAPUTRA

Saya merasa sangat bersyukur serta berterima kasih kepada Allah, karena saya diberikan kesempatan untuk bisa mengembangkan bakat dan minat saya dalam hal tulis menulis. Sebenarnya sih, saya ngak punya bakat di bidang seperti ini. Tapi karena didorong oleh keinginan yang paling kuat dari lubuk hati yang paling dalam dan ngak tahu sedalam apa, saya bisa mengembangkan bakat saya di dunia tulis-menulis. Setau saya banyak hal-hal yang bisa kita tulis. Seperti tulisan dalam bentuk cerpen, viture, puisi, dan lain-lain sebagainya. Menurut saya enak juga kalau kita bisa curhat lewat tulisan seperti ini, beda dengan orang-orang yang bisanya Cuma mencurahkan isi hatinya melalui media-media jejaring social network seperti facebook, twitter, atau sekedar mengirimkan e-mail kepada pacar atau relasi kerjanya. Pokoknya kalau menulis di media seperti Microsoft word, pastinya asyik. Karena apapun yang timbul dari lubuk hati kita, kita bisa keluarkan. Kalau ngomonngin soal ini, saya teringat akan karia tulis yang saya buat beberapa minggu yang lalu yang berjudul “meski internet ngak konek, tetapi aktivitas menulis tetap lancar. Di dalam tulisan tersebut saya sempat mengatakan bahwa apabila kita ngak bisa mempublikasikan karia tulis kita di media yang satu, maka janganlah kita berkecil hati. Masih banyak media yang lain yang bisa kita pergunakan sebagai media untuk mempublikasikan karia-karia tulis kita. Di dalam tulisan itu juga, saya menggambarkan tentang seorang penulis pemula tunanetra yang bernama Sujono Sa’id, meskipun internet ngak konek, tetapi kemampuannya dalam hal tulis-menulis tetap ia kembangkan. Manusia seperti inilah sebenarnya yang saya harus contohi. Artinya apabila kita tidak mampu memasukkan tulisan kita di media yang satu, maka kita tidak boleh berputus asa. Teruslah mengembangkan bakat kita itu. Dan janganlah kita terlalu cepat berhenti mengembangkan bakat itu. Sebab bakat adalah hal yang harus dikembangin. Bukan disimpan rapi-rapi di dalam lemari. Tetapi bagaimana caranya agar bakat kita bisa kita kembangkan sedemikian rupa. Contohnya apabila kita mempunyai bakat di bidang musik dan kita bisa memainkan jenis-jenis alat musik seperti keyboard, gitar baik itu gitar melodi, rithem, bass, dan drum, maka kembangkanlah bakat kita di bidang tersebut. Contoh yang lain lagi kalau kita bisa menulis jenis-jenis tulisan seperti Cerpen, Viture, puisi, bulutin, dan lain yang dipersamakan dengan itu, maka kembangkanlah bakat kita di bidang itu. Tetapi apabila kita mempunyai keduanya, maka kembangkanlah keduanya.
Berdasarkan pernyataan dan contoh bakat-bakat yang telah penulis sebutkan pada paragraph pertama di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa bakat adalah hal yang kita tidak bisa sembunyikan tetapi kita harus mengembangkanya. Dan kita tidak boleh mempunyai satu bakat aja, tapi bagaimana kita bisa memiliki kedua bakat yang telah saya sebutkan di atas. Semoga Allah SWT, memberikan kita kesehatan sehingga kita bisa hidup di dunia panah ini dengan bakat-bakat yang antum miliki. Dan kita juga berharap semoga kita tidak memiliki satu bakat saja, tetapi bagaimana kita bisa memiliki dua bakat dan itu kita harus kembangkan semoga kita menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Tidak ada komentar: